Friday, March 6, 2009

the (little) girls are gone wild



Bermain Pura-pura atau Pura-pura Bermain


"the (little) girls are gone wild" - they said...



Pada mulanya, saya mengawali project ini karena tertarik pada permainan anak-anak perempuan yang serba –an. Masak-masakan , rumah-rumahan, ibu-ibuan, dsb; semuanya merupakan permainan pura-pura. Masa kecil saya pun tidak luput dengan permainan pura-pura ini. Semua serial permainan khas anak perempuan sudah saya jalani. Hingga saat ini permainan-permainan itu masih teriang-iang dengan jelas di kepala saya. Ugh… saya begitu merindukan masa-masa khayal yang menyenangkan itu.


Satu hal khas dari permainan-pemainan itu yang paling saya ingat: Selalu berpura-pura menjadi orang dewasa. Mengimitasi orang dewasa, begitulah beberapa jurnal psikologi menyebutnya. Selalu mengambil peran sebagai sosok dewasa dan berinterpretasi mengenai kehidupan yang ideal.


Dalam bermain, banyak referensi mengenai kehidupan ideal yang di ambil anak-anak perempuan seperti: orang tua/orang dewasa di sekitar anak; media massa: terutama televisi, majalah; dsb. Kemudian, mereka mengaplikasikan interpretasi tersebut ke dalam sebuah permainan.


Menariknya, anak-anak perempuan tersebut tidak segan untuk menggunakan benda-benda milik orang tuanya untuk bermain. Mereka mencelemongkan berbagai jenis make-up ke wajah. Pakaian, baju, dan aksesoris pun menjadi sasaran untuk melengkapi khayalan mereka menjadi perempuan dewasa.


Were you gone wild when you were on that age?!?!??!?........ Who knows...








No comments: